Electronic Resource
Penerapan Media Mobil Ajaib Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bandulan 04 Kecamatan Sukun Kota Malang
Seperti halnya setiap ilmu pengetahuan, Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai objek dan permasalahan jelas yaitu berobjek benda-benda alam dan mengungkapkan misteri (gejala-gejala) alam yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia Tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah untuk mentransformasikan pengetahuan secara langsung kepada siswa melalui pengalaman belajar dan mengembangkan keterampilan siswa dalam memanfaatkan alam, menjaga, dan mengetahui hubungan antara alam, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri Bandulan 04 Kecamatan Sukun Kota Malang, pada materi sumber daya alam disebabkan karena guru menciptakan kondisi pembelajaran yang monoton selain itu guru tidak menggunakan media pembelajaran yang konkrit dan kurang kreatif dalam memberikan evaluasi. Penerapan media mobil ajaib dalam pembelajaran dijadikan alternatif dalam menyelesaikan masalah tersebut, sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar tentang materi sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah penggunaan media mobil ajaib yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada sumber daya alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah peningkatan nilai tes pada siklus I dan siklus II. Lembar observasi guru dan lembar siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai tes pada siklus I adalah yang didapat siswa dalam persen adalah 62.85% sedangkan pada siklus II adalah 88.57% tuntas dalam belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media mobil ajaib dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Bandulan 04 Kecamatan Sukun Kota Malang. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media mobil ajaib dalam pembelajaran membuat siswa menjadi aktif, termotivasi, pembelajaran jadi tidak monoton dan tentunya prestasi belajar siswa akan meningkat. Dengan demikian, hendaknya guru dapat menerapkan media mobil ajaib untuk membantu proses pelaksanaan pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi sumber daya alam.
2115815/SB/2014 | 372 Kri p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain