Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam 01 Pujon Kabupaten Malang
Praktisi pendidikan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam bidang IPA, diantaranya dilakukan dengan meningkatkan kualitas model pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum salah satunya model pembelajaran terpadu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan beberapa kompetensi dasar dapat tercapai sekaligus. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Islam 01 Pujon, diketahui bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan masih terpisah-pisah. Guru sering menggunakan metode ceramah. Banyaknya materi yang belum terselesaikan.
Hasil observasi awal juga menunjukkan bahwa prestasi belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Model pembelajaran ini memadukan antara belajar dan bermain. Model ini dilakukan dengan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan dua kali disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam 01 Pujon dengan jumlah 25 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada perbandingan nilai yang diperoleh dari siklus I dengan siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGTdapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa
2115742/SB/2014 | KKI 530 MUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain