Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam 01 Pujon Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam 01 Pujon Kabupaten Malang

Afif Mustaghfirin - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si. - Nama Orang; Dr. H. M Wartono,M.Pd. - Nama Orang;

Praktisi pendidikan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam bidang IPA, diantaranya dilakukan dengan meningkatkan kualitas model pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum salah satunya model pembelajaran terpadu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan beberapa kompetensi dasar dapat tercapai sekaligus. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Islam 01 Pujon, diketahui bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan masih terpisah-pisah. Guru sering menggunakan metode ceramah. Banyaknya materi yang belum terselesaikan.
Hasil observasi awal juga menunjukkan bahwa prestasi belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Model pembelajaran ini memadukan antara belajar dan bermain. Model ini dilakukan dengan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan dua kali disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam 01 Pujon dengan jumlah 25 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada perbandingan nilai yang diperoleh dari siklus I dengan siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGTdapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa


Ketersediaan
2115742/SB/2014KKI 530 MUS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MUS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
ix, 57 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Kooperatif
Skripsi
Model TGT
Prestasi Belajar IPA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik