Electronic Resource
Pengaruh Saran Prasana Belajar, Pemanfaatan Buku di Perpustakaan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Koperasi Siswa Kelas VII SMP Nasional Malang TAhun Pelajaran 2012/2013
Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”. Dalam rangka merealisasikan peraturan tersebut di atas, Proses Belajar Mengajar perlu ditata secara terkoordinasi, terpadu, efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Nasional Malang, (2) pengaruh secara parsial pemanfaatan buku di perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Nasional Malang, (3) pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Nasional Malang dan (4) sarana prasarana belajar, pemanfaatan buku di perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Nasional Malang. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A,B,C SMP Nasional Malang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 110 siswa. Jumlah sampel diambil adalah 44 siswa yang diperoleh 40% dari populasi dengan teknik proportional random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X1 (Sarana prasarana belajar) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Nasional Malang dengan nilai sig 0,003
2115698/SB/2014 | KKI 330 PAJ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain