Electronic Resource
Pengaruh Suasana Rumah Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa Sumenep Tahun Pelajaran 2012/2013
Setiap individu sangat diwajibkan untuk menempuh pendidikan yang layak untuk kehidupan selanjutnya. Ada 2 jalur pendidikan yang secara otomatis dijalani dalam setiap individu yaitu di sekolah dan di rumah. Oleh karena itu, untuk mencapai pendidikan yang baik, maka selain pendidikan di sekolah, seharusnya pendidikan di dalam rumah adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh peran keluarga serta peran dari orang tua. Suasana rumah yang harmonis tidak akan memberikan dampak negatif, begitu juga peran dari orang tua yang baik. Permasalahan ini akan berbeda apabila suasana rumah dan perhatian orang tua tidak seutuhnya mendukung terhadap anak. Faktor-faktor yang menjadi permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bertujuan apakah ada pengaruh suasana rumah dan perhatian orang tua terhadap minat belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa Sumenep tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui populasi semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa Sumenep tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 202 yang terbagi dalam 8 kelas. Oleh karena itu sampel yang diambil yaitu 20% dari semua kelas sehingga menghasilkan 40 siswa responden sebagai alat pengumpulan data. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas (suasana rumah X1 dan perharian orang tua X2) serta satu variabel terikat (minat belajar). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu metode angket untuk ke-tiga variabel tersebut. Selanjutnya dilakukan pengujian instrumen untuk mendapatkan kevalidan instrumen diuji dengan uji validitas, sedangkan untuk menyatakan taraf kepercayaan diuji dengan uji reabilitas. Metode analisis data yang pertama menjelaskan data deskriptif. kedua, menjelaskan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas dan uji autokorelasi. Ketiga, regresi linier ganda. Dan yang keempat, uji hipotesis yang terdiri dari uji T (Parsial) dan uji F (Simultan). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa responden suasana rumah tergolong rendah dengan 95%, untuk perhatian orang tua tergolong rendah dengan 95%, sedangkan untuk minat belajar tergolong rendah dengan 100%. Dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows hasil uji validitas untuk suasana rumah ada 5 instrumen yang dieliminasi dinyatakan tidak valid, namun karena menurut tabel validitas butir soal (Endi Sarwoko, 2007:7), item soal tersebut dinyatakan rendah tingkat kevalidannya, sehingga item tersebut tidak dipakai dalam penelitian pengambilan data selanjutnya.
2115602/SB/2014 | KKI 910 SUF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain