Electronic Resource
Pengaruh Penerpan Kedisiplinan, Lingkungan Sekolah dan Penggunaan Internet Yang Dilengkapi Dengan Hotspot Area Terhadap Perilaku Siswa ( Studi Pada Siswa Kelas XI SMK PGRI Sumberpucung )
Perilaku adalah respon individu terhadap stimulus atau suatu tindakan yang dapat diamati dan mempunyai frekuensi spesifik, durasi dan tujuan baik disadari maupun tidak. Berbagai perilaku siswa akan ditemui oleh guru di sekolah. Perilaku yang ditunjukkan oleh siswa tidak semuanya sesuai dengan keinginan dan ketentuan yang berlaku di sekolah. Sekolah pada hakekatnya mempunyai peranan yang cukup penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku siswa. Perilaku siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor yang ada dalam diri siswa (internal) yaitu penerapan kedisiplinan maupun faktor yang berada diluar diri siswa (eksternal) meliputi lingkungan sekolah dan penggunaan internet yang dilengkapi dengan hotspot area. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kedisiplinan, lingkungan sekolah dan penggunaan internet yang dilengkapi dengan hotspot area terhadap perilaku siswa SMK PGRI Sumberpucung.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI Sumberpucung dengan jumlah siswa sebanyak 102 siswa. Dari populasi yang terbagi dalam 3 kelas, diambil sampel dengan teknik simple random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 51 siswa. Data penelitian untuk penerapan kedisiplinan, lingkungan sekolah dan penggunaan internet yang dilengkapi hotspot area serta perilaku siswa dikumpulkan melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh secara parsial ditunjukkan dengan uji t yang menghasilkan penerapan kedisiplinan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku siswa. Lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku siswa. Penggunaan internet yang dilengkapi hotspot area berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku siswa dan variabel ini adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku siswa dibandingkan variabel yang lainnya. Pengaruh secara simultan ditunjukkan dengan uji f yang menyatakan bahwa penerapan kedisiplinan, lingkungan sekolah, dan penggunaan internet yang dilengkapi dengan hotspot area memiliki pengaruh secara bersamasama terhadap perilaku siswa
2115598/SB/2014 | KKI 371,657 AST p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain