Electronic Resource
"Pengembangan Paket Bimbingan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang "
Kepercayaan diri adalah sebagai hasil suatu perasaan atau anggapan bahwa diri dalam keadaan baik sehingga memungkinkan seseorang tampil dan berperilaku untuk menunjukkan pada dunia luar bahwa dia yakin dengan dirinya. Seseorang yang percaya diri akan selalu merasa baik, rela dengan kondisi dirinya, akan berpikir bahwa dirinya adalah manusia yang berkualitas dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga dengan sendirinya seseorang yang percaya diri akan selalu merasakan bahwa dirinya adalah sosok yang berguna dan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan bekerjasama dalam berbagai bidang. Jika remaja tidak memiliki percaya diri maka remaja akan merasa tidak nyaman, takut untuk mencoba, merasa dirinya salah, dan memiliki perasaan khawatir. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan paket meningkatkan rasa percaya diri yang memenuhi syarat akseptabilitas dari segi kegunaan, ketepatan, kemudahan dan kemenarikan bagi pengguna. Paket meningkatan percaya diri dikembangkan dengan menggunakan rancangan penelitian pengembangan Borg dan Gall (dalam Sugiyono, 2012: 298) yang telah disederhanakan menjadi lima tahap yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan kebutuhan penelitian. Tahapan penelitian dimulai dari menentukan potensi dan masalah penelitian, tahap mengumpulkan informasi, tahap mendesain produk, tahap validasi desain, dan kemudian hasil akhir produk. Berdasarkan pengumpulan informasi need assesment yang telah dilancarkan peneliti, menunjukkan bahwa 100% siswa memilih membutuhkan paket mengenai peningkatan percaya diri. 80% bahwa siswa memilih karakteristik paket yang dibutuhkan adalah isinya lengkap, pembahasannya jelas, dan mudah dipelajari. 78.1% siswa memilih materi paket tentang pemahaman diri, 84.4% berpikir positif, 75% keterampilan berkomunikasi, dan 70% ketegasan diri. 84.4% siswa menginginkan tujuan paket untuk dapat mengembangkan berpikir positif. 75% menginginkan teknik evaluasi didalam paket berupa diskusi, tanya jawab, tugas individu, dan permainan. Paket meningkatkan rasa percaya diri diuji validitas oleh ahli Bimbingan dan Konseling, ahli media, ahli konselor, dan kelompok kecil. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah paket meningkatkan rasa percaya diri bagi siswa SMP kelas VIII. Hasil akhir menunjukkan paket yang dihasilkan telah memenuhi syarat kegunaan, ketepatan, kemudahan dan kemenarikan baik dari isi dan bentuk fisik paket. Saran pengembangan paket meningkatkan rasa percaya diri adalah untuk dijadikan media dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling dibidang pribadi-sosial untuk meningkatkan percaya diri bagi siswa SMP kelas VIII. Isi paket dapat dilakukan revisi berkelanjutan dan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan akan informasi bidang pribadi dan sosial yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah yang menggunakan.
2115566/SB/2014 | KKI 371.4 SUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain