Electronic Resource
Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata IPA Pada Siswa Kelas V SDN Wandapuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
Pembelajaran IPA kelas V SDN Wandanpuro 04 dapat dikatakan belum berhasil, dari hasil belajar siswa masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang lebih didominasi oleh guru, sehingga siswa kurang diberi kesempatan untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu perlu diadakan penelitian melalui penerapan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V SDN Wandanpuro 04 Bululawang. Pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Obek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I untuk materi Gaya Magnet, sedangkan siklus II materi Gaya Gravitasi. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan/observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA menggunakan pembelajaran numbered heads together di SDN Wandanpuro 04 adalah guru menjelaskan materi, selanjutnya membagi siswa dalam beberapa kelompok, kemudian guru membagikan lembar kerja dan nomor untuk setiap anggota kelompok, di mana setelah siswa selesai mengerjakan lembar kerja tersebut, selanjutnya guru memanggil nomor dari kelompok secara acak untuk mempresentasika hasil diskusinya. Apabila jawaban dari kelompok tersebut kurang tepat maka dapat dilemparkan kepada kelompok lainnya. Kelompok yang dapat menjawab dengan tepat akan mendapatkan skor. Selanjutnya guru bersama siswa bersama–sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan tes evaluasi secara individu. Dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan numbered heads together yang pada awalnya hanya 44,11 % yaitu sebanyak 15 siswa yang tuntas, dapat meningkat menjadi 83,33 % yaitu sebanyak 25 orang siswa pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 91,17 % yaitu sebanyak 31 siswa yang tuntas. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013.
2115550/SB/2014 | 372 Mus p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain