Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata IPA Pada Siswa Kelas V SDN Wandapuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Electronic Resource

Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata IPA Pada Siswa Kelas V SDN Wandapuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Niken Rose Mustikawati - Nama Orang; Drs. WignyoWinarko, M.Pd - Nama Orang; Cicilia Ika Rahayunita, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran IPA kelas V SDN Wandanpuro 04 dapat dikatakan belum berhasil, dari hasil belajar siswa masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang lebih didominasi oleh guru, sehingga siswa kurang diberi kesempatan untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu perlu diadakan penelitian melalui penerapan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V SDN Wandanpuro 04 Bululawang. Pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Obek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I untuk materi Gaya Magnet, sedangkan siklus II materi Gaya Gravitasi. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan/observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA menggunakan pembelajaran numbered heads together di SDN Wandanpuro 04 adalah guru menjelaskan materi, selanjutnya membagi siswa dalam beberapa kelompok, kemudian guru membagikan lembar kerja dan nomor untuk setiap anggota kelompok, di mana setelah siswa selesai mengerjakan lembar kerja tersebut, selanjutnya guru memanggil nomor dari kelompok secara acak untuk mempresentasika hasil diskusinya. Apabila jawaban dari kelompok tersebut kurang tepat maka dapat dilemparkan kepada kelompok lainnya. Kelompok yang dapat menjawab dengan tepat akan mendapatkan skor. Selanjutnya guru bersama siswa bersama–sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan tes evaluasi secara individu. Dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan numbered heads together yang pada awalnya hanya 44,11 % yaitu sebanyak 15 siswa yang tuntas, dapat meningkat menjadi 83,33 % yaitu sebanyak 25 orang siswa pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 91,17 % yaitu sebanyak 31 siswa yang tuntas. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013.


Ketersediaan
2115550/SB/2014372 Mus pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 MUS p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xiii, 134hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Pembelajaran Kooperatif
Numbered Heads Together
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik