Electronic Resource
Penerapan Metode Pembeljaran Dislusi Dengan Permainan Kartu Untuk Maningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu ( Studi Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun jaran 2012/2013 )
Keberhasilan seorang guru dalam mengajar salah satunya ditunjukkan dengan hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan guru,malu bertanya atau mengeluarkan pendapat,kurang menyesuaikan diri terhadap temannya ketika mengerjakan soal-soal latihan merupakan salah satu wujud kurangnya motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa yang rendah ditunjukan dari nilai ulangan harian pada mata pelajaran ekonomi dengan prosentase ketuntasan siswa dalam belajar dari 40 siswa yang tuntas 20 siswa atau 50% siswa yang tidak tuntas
Penerapan metode pembelajaran Diskusi dengan Permainan Kartu pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIC pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, sedangkan pada siklus II dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Pasirian Kabupaten Lumajang yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi belajar siswa, nilai tes hasil belajar siswa, dokumentasi, serta catatan lapangan selama proses pembelajaran.
Hasil penelitian motivasi belajar siswa menggunakan angket tertutup, tetapi juga disertai dengan angket terbuka mengalami peningkatan yang kurang signifikan. Sebelum tindakan motivasi belajar siswa 82%, setelah siklus I meningkat menjadi 84%, dan setelah siklus II meningkat menjadi 93%. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, pada saat sebelum tindakan siswa yang mencapai standar ketuntasan minimum sejumlah 33%, setelah siklus I meningkat menjadi 81%, dan setelah siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi dengan permainan kartu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIC di SMP Negeri 2 Pasirian.
2115459/SB/2014 | KKI 371,657 WAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain