Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII C Semester II SMP Nasional Malang 2012/2013
Pembelajaran dengan metode Talking Stick diawali oleh penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Peserta didik diberi kesempatan membaca dan mempelajari materi tersebut.
Guru selanjutnya meminta kepada peserta didik menutup bukunya. Guru mengambil tongkat yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tongkat tersebut diberikan kepada salah satu peserta didik. Peserta didik yang menerima tongkat tersebut diwajibkan menjawab pertanyaan dari guru demikian seterusnya. Ketika stick bergilir dari peserta didik ke peserta didik lainnya diiringi dengan musik.
Langkah akhir dari metode Talking Stick adalah guru memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang telah dipelajari. Guru memberi ulasan terhadap seluruh jawaban yang diberikan peserta didik, selanjutnya bersama-sama peserta didik merumuskan kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas melalui metode pembelajaran Talking Stick siswa kelas VIIC semester II SMP Nasional Malang 2012-2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan subpokok bahasan pengertian gerak, sifat gerak, jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan dan GLB dan Siklus II subpokok GLBB dan percepatan. Penelitian
dilakukan pada semester II tahun ajaran 2012 – 2013 di kelas VIIC SMP Nasional Malang. Subjek dalam penelitian ini kelas siswa VIIC SMP Nasional .
Berdasarkan analisis hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 88,83% dan pada siklus II 93,27%. Keaktifan siswa pada siklus I 43,3% sedangkan pada siklus II 53,67% ini bisa dikatakan bahwa keaktifan siswa meningkat.
Motode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I 65,23 sedangkan pada siklus II 77. Hal ini bisa dikatakan bahwa prestasi belajar fisika meningkat.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIC semester II SMP Nasional.
2115455/SB/2014 | KKI 530 KHA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain