Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Membaca Cerita Anak Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP PGRI 01 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang

Electronic Resource

Peningkatan Kemampuan Membaca Cerita Anak Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP PGRI 01 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang

Istisaroh Miftahul Jana - Nama Orang; Dr. Gatot Sarmidi, M.Pd - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M. Pd - Nama Orang;

Hasil wawancara dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP PGRI 01 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, menunjukkan bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan di kelas masih menggunakan metode ceramah dan jarang dilakukan kegiatan demonstrasi maupun praktikum. Siswa menjadi pasif dan pengetahuan yang mereka peroleh tidak bertahan lama dalam ingatan mereka sehingga kemampuan mereka dalam memahami konsep begitu rendah. Karena jarang melakukan kegiatan demonstrasi dan praktikum menyebabkan kemampuan membaca cerita khususnya membaca cerita anak sangat rendah. Untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita anak maka diperlukan penerapan pendekatan dan model pembelajaran. Pendekatan dan model pembelajaran yang dimaksud adalah pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilannya dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memcahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan membaca cerita anak dan siklus II dengan pokok bahasan yang sama. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI I Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang dengan subjek siswa kelas VII sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 4 Laki-laki dan 8 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa sangat baik dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 10% pada pembelajaran membaca cerita.
Peningkatan ini disebabkan karena model pembelajaran dengan metode pembelajaran Kontekstual yaitu siswa secara individu dapat membaca dengan
baik.


Ketersediaan
2115437/SB/2014KKI 410 JAN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 JAN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Kontekstual
Membaca Cerita Anak
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik