Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Membaca Cerita Anak Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VII SMP PGRI 01 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang
Hasil wawancara dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP PGRI 01 Bantur Kecamatan Bantur Kabupaten Malang, menunjukkan bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan di kelas masih menggunakan metode ceramah dan jarang dilakukan kegiatan demonstrasi maupun praktikum. Siswa menjadi pasif dan pengetahuan yang mereka peroleh tidak bertahan lama dalam ingatan mereka sehingga kemampuan mereka dalam memahami konsep begitu rendah. Karena jarang melakukan kegiatan demonstrasi dan praktikum menyebabkan kemampuan membaca cerita khususnya membaca cerita anak sangat rendah. Untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita anak maka diperlukan penerapan pendekatan dan model pembelajaran. Pendekatan dan model pembelajaran yang dimaksud adalah pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilannya dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memcahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan membaca cerita anak dan siklus II dengan pokok bahasan yang sama. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI I Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang dengan subjek siswa kelas VII sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 4 Laki-laki dan 8 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa sangat baik dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 10% pada pembelajaran membaca cerita.
Peningkatan ini disebabkan karena model pembelajaran dengan metode pembelajaran Kontekstual yaitu siswa secara individu dapat membaca dengan
baik.
2115437/SB/2014 | KKI 410 JAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain