Electronic Resource
Penerapan Model Role Playing Untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS MAteri Masalh Sosial Yang Diakibatkan Kepadatan Penduduk Pada Siswa Kelas IV SDN Bandulan 04 Kecamatan Sukun Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
Guru merupakan pemegang peran penting dalam mengimplementasikan kurikulum baik dalam rancangan maupun dalam tindakan. Sebagai guru yang konsisten terhadap profesinya hendaknya dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif. Tetapi kenyataan di Sekolah Dasar masih banyak guru yang menciptakan kondisi pembelajaran yang ponoton, guru dalam mengajar kurang bervariasi, latihan yang diberikan kepada siswa kurang bermakna, sehingga siswa merasa bosan dan akhirnya prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Sehingga dirumuskan beberapa permasalahan meliputi bagaimana penerapan model role playing dan apakah penerapan model role playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bandulan 04 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi masalah sosial yang diakibatkan kepadatan penduduk pada siswa kelas IV SDN Bandulan 04 Kota Malang melalui penerapan model role playing. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I dan siklus II berfokus pada pembahasan materi masalah sosial yang diakibatkan kepadatan penduduk, akan tetapi dengan test soal yang berbeda di tiap siklusnya. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di kelas IV SDN Bandulan 04 Kota Malang dengan subjek 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas pada tes awal adalah 57,3 dan persentase ketuntasan siswa secara klasikal adalah 57,7%. Pada siklus I setelah diterapkannya model role playing, nilai rata-rata kelas adalah 69,7 dan presentase ketuntasan siswa secara klasikal adalah 73%. Maka secara klasikal belum tuntas, oleh karena itu diadakan siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 78,3, presentase ketuntasan siswa secara klasikal adalah 88,4%. Secara klasikal persentasenya ≥75% maka dinyatakan tuntas. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi masalah sosial yang diakibatkan kepadatan penduduk pada siswa kelas IV SDN Bandulan 04 Kota Malang. Dari kesimpulan di atas maka peneliti memberikan saran sebagai berikut. Hendaknya siswa dapat bekerjasama secara kelompok dengan semua teman di kelas dan tidak memilih-milih teman dalam berkelompok. Sebaiknya guru tidak lagi menggunakan cara mengajar yang terkesan monoton dan tidak melibatkan siswa. Kepala sekolah kiranya senantiasa memberikan motivasi dan fasilitas kepada guru lainnya untuk melakukan penelitian tindakan kelas guna peningkatan mutu pendidikan.
2115429/SB/2014 | 372 Wic p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain