Electronic Resource
Pengaruh Lingkungan Belajar, Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan
Peserta didik dituntut untuk menghasilkan prestasi belajar yang baik dan mampu bersaing meraih prestasi. Namun kenyataannya adanya siswa yang berhasil dalam hasil prestasi belajarnya, namun masih ada siswa yang masih juga terdapat siswa yang memperoleh prestasi yang kurang menggembirakan. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik banyak faktor yang mempengaruhinya jika dilihat dari faktor-faktornya yaitu eksternal dan internal, dimana lingkungan belajar, bimbingan orang tua dan minat belajar merupakan beberapa bagian yang termasuk di dalamnya, dan untuk mencapai prestasi yang baik maka dibutuhkan keterkaitan antara faktor-faktor tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dari lingkungan belajar, bimbingan orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar, bimbingan orang tua, dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan pada bulan juni sampai dengan juli 2013 dengan subjek penelitian siswa kelas XI sejumlah 110 yang kemudian diambil sampel 52 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan regresi berganda.
Hasil penelitian secara parsial yaitu (1)Terdapat pengaruh yang signifikan dari lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar t hitung = 12,309 dan sig t = 0,003. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan dari bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar t hitung = 4,354 dan sig t = 0,022. (3)
Terdapat pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar t hitung = -3,899 dan sig t = 0,032. (4)Terdapat pengaruh secara simultan antara lingkungan belajar, bimbingan orang tua, dan minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar F = 11,170 dan sig F = 0,000 sehingga pengaruh secara simultan adalah signifikan. Kemudian harga adjusted R squares = 0,411 maka pengaruh lingkungan belajar, bimbingan orang tua dan minat belajar sebesar 41,1% dan yang 58,9% adalah faktor dari luar.
2115405/SB/2014 | KKI 371.657 APR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain