Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahun Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahun Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang

Setyorini - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd. - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, M.Pd. - Nama Orang;

Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. IPS wajib diberikan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS tahun pelajaran 2012/2013 di kelas V SDN Wandanpuro 04 diketahui bahwa masih banyak siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS di sekolah tersebut cenderung berpusat pada guru, sedangkan siswa cenderung pasif. Hal ini berdampak terhadap hail belajar IPS yang kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya suatu pembelajaran IPS yang kreatif dan menyenangkan dengan lebih banyak melibatkan siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuannya. Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti mencoba sebuah solusi dengan menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, yaitu model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wandanpuro 04. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wandanpuro 04. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan datanya yaitu dengan cara dokumentasi, tes tertulis, observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang dianalisis melalui tahapantahapan yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada proses pembelajaran IPS di kelas V SDN Wandanpuro 04, dalam pelaksanaannya mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir tiap siklus, yaitu pada siklus I banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 86,3% dan pada siklus II adalah 96,8%. Sedangkan hasil observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran termasuk kriteria baik. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wandanpuro 04.


Ketersediaan
2115385/SB/2014KKI 372 SET p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SET p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Pembelajaran
Hasil belajar
STAD
Skripsi
Student Teams Achievement Division
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik