Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahun Sosial Pada Siswa Kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. IPS wajib diberikan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS tahun pelajaran 2012/2013 di kelas V SDN Wandanpuro 04 diketahui bahwa masih banyak siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS di sekolah tersebut cenderung berpusat pada guru, sedangkan siswa cenderung pasif. Hal ini berdampak terhadap hail belajar IPS yang kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya suatu pembelajaran IPS yang kreatif dan menyenangkan dengan lebih banyak melibatkan siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuannya. Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti mencoba sebuah solusi dengan menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, yaitu model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wandanpuro 04. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wandanpuro 04. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan datanya yaitu dengan cara dokumentasi, tes tertulis, observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang dianalisis melalui tahapantahapan yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada proses pembelajaran IPS di kelas V SDN Wandanpuro 04, dalam pelaksanaannya mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir tiap siklus, yaitu pada siklus I banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 86,3% dan pada siklus II adalah 96,8%. Sedangkan hasil observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran termasuk kriteria baik. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wandanpuro 04.
2115385/SB/2014 | KKI 372 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain