Electronic Resource
Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 19 Malang
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 19 Malang Kelas VII-C, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika sebagian besar masih menggunakan metode konvensional. Pembelajaran fisika yang dilakukan sebagian besar lebih menekankan pada aspek produk. Siswa tidak dibebaskan untuk belajar sesuai dengan minatnya Sehingga belajar menjadi membosankan kebanyakan siswa hanya duduk, diam, mendengarkan, mencatat serta sibuk dengan pekerjaannya yang lain. Hal tersebut sangat berpengaruh pada motivasi dan prestasi belajar siswa yang sangat rendah. Oleh karena itu, quantum learning mengajak siswa untuk menemukan gaya belajarnya dan mendapatkan pengalaman baru dalam belajar sehingga akan terjadi interaksi antar siswa. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 19 Malang.
Model pembelajaran quantum learning terdiri dari 5 tahap pembelajaran yaitu kekuatan ambak, bebaskan gaya belajarnya, diskusi, memupuk sikap juara,
membuat kesimpulan. Di dalam kegiatan quantum learning tersebut mencakup gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I membahas mengenai materi gerak,jarak dan perpindahan, kelajuan dan kecepatan dan GLB. Sedangkan siklus II membahas mengenai GLBB. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di kelas VII-C SMP Negeri 19 Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,52% menjadi 81,00% pada siklus II. Sedangkan dari analisis motivasi belajar siswa yang dicapai oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung pada siklus I yaitu 70,94% dan pada siklus II 80,35%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 49,4 pada siklus I sebesar 75,6 sedangkan pada siklus II mencapai 84,7.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa kelas VII-C SMP Negeri 19 Malang.
2115368/SB/2014 | KKI 530 ALE u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain