Electronic Resource
Pengaruh Perilaku Siswa, Motivasi Belajar dan Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran ekonomi SMA Taman Madya Malang
Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku siswa, motivasi belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Taman Madya Malang baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh siswa SMA Taman Madya yang berjumlah 110 siswa yang terdiri dari 5 kelas dan diambil sampel sebanyak 52 siswa dari jumlah populasi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Propotional random sampling. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan perilaku siswa 36,5%, motivasi belajar sebesar 41%, dan kreativitas guru dalam mengajar sebesar -22,5% terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Taman Madya Malang. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan perilaku siswa, motivasi belajar, dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Taman Madya Malang sebesar 47,7%. Sedangkan sisanya sebesar 52,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
2115365/SB/2014 | KKI 371,657 FAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain