Electronic Resource
Pengaruh Perhatian Orang Tua, Lingkungan Belajar, Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar (Study Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Bululawang,Kab. Malang)
Perhatian Orang Tua, Lingkungan Belajar, dan Keterampilan Mengajar Guru adalah pemegang peranan penting untuk memajukan pendidikan anak. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 02 Bululawang kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perhatian Orang Tua, Lingkungan Belajar, dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP Negeri 02 Bululawang kabupaten Malang 2012/2013
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 200 siswa yang masih aktif mengikuti proses pembelajaran. Supaya memperoleh sampel yang representative dari sejumlah populasi maka sampel dalam penelitian ini sebesar 25% dari jumlah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Bululawang kabupaten Malang 2012/2013, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah sampel 50 siswa. Dalam penelitian ini data
diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling, yaitu teknik pengambilan subjek atau sampel penelitian dari setiap strata atau wilayah ditentukan seimbang atau sebanding dengan banyaknya subjek dari masingmasing kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan nilai raport siswa
semester genap tahun ajaran 2012/2013. Dan analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.
Data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik analisis regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS 18,0 for windows. Hasil analisis regresi berganda hasil penelitain diatas dapat di simpulkan pengaruh tiap variabel bebas terhadap variabel terikatnya dari variabel Perhatian orang tua (X1) terhadap prestasi belajar (Y) mempunyai pengaruh sebesar 0.067, sedangkan variabel lingkungan belajar (X2) mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 0.121 , sedangkan untuk variable keterampilan mengajar guru (X3) mempunyai pengaruh sebesar 0.001 terhadap prestasi belajar (Y), sedangkan secara simultan dari ketiga variabel tersebut tidak mempunyai pengaruh yang signifikan yaitu 0.078 ini membuktikan bahwa secara parsial ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan sedangkan secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan artinya Ho di terima..
2115355/SB/2014 | KKI 330 LUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain