Electronic Resource
Pengaruh Disiplin Belajar Siswa, Fasilitas Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Siswaterhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK MERDEKA Lawang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin beljar siswa di sekolah, fasilitas belajar siswa di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran kewirausahaan di SMK Merdeka Lawang . Penelitian ini menunjukkan bahwa pada data tahun 2011-2012, terjadi kecenderungan menurunnya kedisiplinan siswa di sekolah maka mengakibatkan menurunnya prestasi belajar siswa.
Setelah melakukan penelitian sesuai dengan beberapa data yang diperoleh di lapangan, maka peneliti menyimpulkan bahwa disiplin belajar di sekolah, fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa ada pengaruh yang sigifikan yaitu sebesar 72,% terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory research (penelitian penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Merdeka Lawang. Sampel yang diambil ada sampel jenuh, jadi populasi dan sampel dalam penelitian ini jumlahnya sama sebesar 36 responden.
Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Perhitungan analisis regresi berganda tersebut dilakukan dengan bantuan sofware SPSS seri 15.0 for windows. Perhitungan yang telah dilakukan terhadap data penelitian menghasilkan persamaan regresi linier berganda Y = 0.974 + 0.310X1 0.147X2 + 0.216X3. Persamaan regeresi tersebut memenuhi ujiuji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel baik itu disiplin belajar siswa di sekolah, fasilitas belajar siswa di sekolah dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel bebas baik itu disiplin belajar siswa di sekolah, fasilitas belajar siswa di sekolah dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa meskipun ada variable lain yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
2115353/SB/2014 | KKI 330 MAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain