Electronic Resource
Hubungan Antara Sikap Siswa Dan Motivasi Guru Dengan Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS-Geografi Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
Sikap siswa adalah respon atau reaksi terhadap suatu hal untuk bertidak dengan cara-cara tertentu terhadap lingkungan di sekitarnya. Motivasi Guru adalah dorongan atau rangsangan yang diberikan guru kepada siswa, agar siswa mempunyai semangat belajar yang tinggi sehingga siswa tersebut dapat meraih apa yang dicita-citakan. Minat belajar siswa adalah kecendrungan yang dimiliki seseorang atau siswa yang membuat dia mempunyai perasaan senang, tertarik dan mendorong dirinya untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas belajar. Salah satu yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah sikap siswa dan motivasi guru dalam kegiatan proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran IPSGeografi. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa minat belajar siswa adalah suatu proses pembelajaran siswa yang masih banyak dipengaruhi oleh faktorfaktor lain disamping sikap siswa dan motivasi guru itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hubungan sikap siswa dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPSGeografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?, (2) Bagaimanakah hubungan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?, (3) Bagaimanakah hubungan sikap siswa dan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan sikap siswa dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPSGeografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) Untuk mengetahui hubungan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) Untuk mengetahui hubungan sikap siswa dan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 421 siswa dari 11 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan proposional random sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael yaitu tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesahalahan 1%, 5%, dan 10%. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 195 siswa dari keseluruhan jumlah populasi yaitu sebanyak 421 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi (X1), motivasi guru dalam mata pelajaran IPS-Geografi (X2) dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi (Y) sebagai variabel terikat. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan kuesioner (angket). Dalam penelitian ini hasil pengujian data dengan menggunakan bantuan komputer dan program SPSS for windows 16 diketahui bahwa nilai signifikan sikap siswa (X1) lebih kecil dari pada nilai probabilitas yaitu sebesar (0,05) atau nilai signifikan (0,000)(ttabel1,658). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) terhadap (Y). Untuk variabel motivasi guru (X2) diketahui bahwa nilai signifikan X2 lebih kecil dari pada nilai probabilitas yaitu sebesar (0,05) atau nilai signifikan (0,001)< probabilitas(0,05) pada taraf signifikasi 5% dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel X2 mempunyai nilai thitung yaitu sebesar (3,244) dengan nilai ttabel yaitu sebesar (1,658). Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu thitung(3,244)>ttabel(1,658). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y). Hasil uji F atau pengujian secara simultan (besama-sama) antara variabel bebas (X1dan X2) dengan variabel terikat (Y) diketahui bahwa nilai signifikannya lebih kecil dari pada nilai probabilitas yaitu sebesar (0,05) atau nilai signifikan (0,000) < probabilitas (0,05) dan diketahui bahwa nilai Fhitung yaitu sebesar (33,527). Jika dibandingkan dengan Ftabel dengan df (2:194) yaitu sebesar (3,04) pada taraf signifikasi 5% maka Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu thitung(33,527)>ttabel(3,04) dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (X1 dan X2) memiliki kontribusi terhadap variabel terikat (Y). Nilai F positif dan signifikan menunjukkan bahwa variabel bebas (X1 dan X2) mempunyai hubungan atau pengaruh terhadap variabel terikat (Y). Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara variabel bebas (X1 dan X2) terhadap variabel terikat (Y) yaitu sebesar (0,259) atau (25,90%), sedangkan sisanya yaitu sebesar (74,10%) yang merupakan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap siswa dan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Tahun Pelajaran 2012/2013.
2115346/SB/2014 | KKI 910 DJU h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain