Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Antara Sikap Siswa Dan Motivasi Guru Dengan Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS-Geografi Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Electronic Resource

Hubungan Antara Sikap Siswa Dan Motivasi Guru Dengan Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS-Geografi Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Djumairoh - Nama Orang; Drs. Pardjito, M.P. - Nama Orang; Dra. Dwi Ratnawati, M.Pd. - Nama Orang;

Sikap siswa adalah respon atau reaksi terhadap suatu hal untuk bertidak dengan cara-cara tertentu terhadap lingkungan di sekitarnya. Motivasi Guru adalah dorongan atau rangsangan yang diberikan guru kepada siswa, agar siswa mempunyai semangat belajar yang tinggi sehingga siswa tersebut dapat meraih apa yang dicita-citakan. Minat belajar siswa adalah kecendrungan yang dimiliki seseorang atau siswa yang membuat dia mempunyai perasaan senang, tertarik dan mendorong dirinya untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas belajar. Salah satu yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah sikap siswa dan motivasi guru dalam kegiatan proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran IPSGeografi. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa minat belajar siswa adalah suatu proses pembelajaran siswa yang masih banyak dipengaruhi oleh faktorfaktor lain disamping sikap siswa dan motivasi guru itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hubungan sikap siswa dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPSGeografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?, (2) Bagaimanakah hubungan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?, (3) Bagaimanakah hubungan sikap siswa dan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan sikap siswa dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPSGeografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) Untuk mengetahui hubungan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) Untuk mengetahui hubungan sikap siswa dan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 421 siswa dari 11 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan proposional random sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael yaitu tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesahalahan 1%, 5%, dan 10%. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 195 siswa dari keseluruhan jumlah populasi yaitu sebanyak 421 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi (X1), motivasi guru dalam mata pelajaran IPS-Geografi (X2) dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi (Y) sebagai variabel terikat. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan kuesioner (angket). Dalam penelitian ini hasil pengujian data dengan menggunakan bantuan komputer dan program SPSS for windows 16 diketahui bahwa nilai signifikan sikap siswa (X1) lebih kecil dari pada nilai probabilitas yaitu sebesar (0,05) atau nilai signifikan (0,000)(ttabel1,658). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) terhadap (Y). Untuk variabel motivasi guru (X2) diketahui bahwa nilai signifikan X2 lebih kecil dari pada nilai probabilitas yaitu sebesar (0,05) atau nilai signifikan (0,001)< probabilitas(0,05) pada taraf signifikasi 5% dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel X2 mempunyai nilai thitung yaitu sebesar (3,244) dengan nilai ttabel yaitu sebesar (1,658). Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu thitung(3,244)>ttabel(1,658). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y). Hasil uji F atau pengujian secara simultan (besama-sama) antara variabel bebas (X1dan X2) dengan variabel terikat (Y) diketahui bahwa nilai signifikannya lebih kecil dari pada nilai probabilitas yaitu sebesar (0,05) atau nilai signifikan (0,000) < probabilitas (0,05) dan diketahui bahwa nilai Fhitung yaitu sebesar (33,527). Jika dibandingkan dengan Ftabel dengan df (2:194) yaitu sebesar (3,04) pada taraf signifikasi 5% maka Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu thitung(33,527)>ttabel(3,04) dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (X1 dan X2) memiliki kontribusi terhadap variabel terikat (Y). Nilai F positif dan signifikan menunjukkan bahwa variabel bebas (X1 dan X2) mempunyai hubungan atau pengaruh terhadap variabel terikat (Y). Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara variabel bebas (X1 dan X2) terhadap variabel terikat (Y) yaitu sebesar (0,259) atau (25,90%), sedangkan sisanya yaitu sebesar (74,10%) yang merupakan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap siswa dan motivasi guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS-Geografi pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Tahun Pelajaran 2012/2013.


Ketersediaan
2115346/SB/2014KKI 910 DJU h/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 DJU h/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Sikap Siswa
Motivasi Guru
Minat Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik