Electronic Resource
Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar IPS Ekonomi Siswa SMP PGRI 03 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya, pengaruh kondisi sosial ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi (ips) siswa SMP PGRI 03 Malang Kec. Sukun Kab. Malang tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengambil populasi 65 siswa dan semua populasi dijadikan sampel sebanyak 65 siswa SMP PGRI 03 Malang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan dengan uji t bahwa pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 33,74% kondisi sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 32.14% dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 34.12%. Pengaruh secara silmultan ditunjukan dengan nilai F hitung sebesar 23,335 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 / lebih kecil 0,05 dan R Square sebesar 0,534 maka dapat dikatakan bahwa pergaulan teman sebaya (X1), kondisi sosial ekonomi (X2) dan lingkungan keluarga (X3) memiliki pengaruh secara simultan sebesar 53,4% terhadap motivasi belajar (Y).
Beberapa saran yang dikemukakan penulis adalah begitu pentingnya pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa maka diharapkan orang tua atau wali murid mengetahui dengan kebiasaan anak setiap hari dan mengenal teman sepermainan anak didiknya. Kemudian kondisi sosial ekonomi terhadap motivasi belajar maka diharapkan bagi orang tua kondisi sosial ekonomi akan sangat berpengaruh untuk masa depan anak. Lingkungan keluarga maka diharapkan pihak sekolah sering mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk memberikan pengarahan tentang memotivasi anak agar anak didik tetap semangat untuk mencapai cita – citanya.
2115356/SB/2014 | KKI 330 HER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain