Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mat Siswa Kelas VII C SMPN 1 Sumberpucung Tahun Pelajaran 2012/2013 Pada Pokok Bahasan Himpunan
Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalahdengan menerapkan model pembelajaran yang dapat menimbulkan kesan bahwamatematika itu mudah dan menyenangkan. Beberapa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan siswa, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatiftipe NHT (Numbered Heads Together)
Penelitian ini untuk menerangkan implementasi model pembelajaran kooperatiftipe NHT (Numbered Heads Together) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP NEGERI 1 Sumberpucung pada pokok bahasan himpunan.
Langkah-langkah dalam pembelajaran NHT yaitu (1) persiapan adalah mempersiapkan rancangan pelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS), (2) pembentukan kelompok adalah peneliti harus membentuk beberapa kelompok dimana setiap anggota kelompok bisa bervariasi, (3) diskusi kelompok adalah dimana setiap kelompok harus berpikir Bersama dalam menyelesaikan lembar kerja siswa tersebut, tanpa mengerjakan secara individu, (4) presentasi kelompok adalah dimana guru menyebut satu nomor kelompok dari beberapa kelompok yang telah dibentuk untuk mempresentasikan hasil lembar kerja siswa tersebut (5) bahan hasil presentasi adalah guru memberikan kesimpulan dari hasil yang telah dipresentasikan oleh setiap anggota kelompok yang tampil kedepan (6) memberikan penghargaan adalah guru memberikan penghargaan berupa kata-kata pujian pada siswa dan memberi nilai yang lebih tinggi kepada kelompok yang hasil belajarnya lebih baik.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua tindakan, berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dinyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu perubahan tingkah laku, hasil belajar tindakan tindakan I yaitu 60,7% dan tindakan II yaitu 82,14%. Dengan demikian berdasarkan standar ketuntasan minimal lebih dari 75 maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru matematika dalam pembelajaran matematika khususnya materi keliling luas persegi panjang dan persegi dapat menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode Numbered Heads Together.
| SB00459S | KKI 510 LES p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain