Electronic Resource
Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen Alethia Malang
Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir. Karena itu matematika sangat diperlukan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi kemajuan IPTEK sehingga matematika perlu dibekalkan kepada setiap peserta didik sejak SD, bahkan sejak TK. Matematika secara garis besar dibagi ke dalam 4 cabang yaitu aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis. Dari keempat cabang matematika tersebut geometri memperoleh porsi yang besar untuk dipelajari oleh siswa di sekolah. Salah satu materi geometri yang dipelajari di kelas VIII adalah lingkaran. Lingkaran mempunyai kedudukan penting untuk dipelajari karena lingkaran merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk melanjutkan materi selanjutnya yang berkaitan dengan geometri, seperti materi bangun ruang. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa nilai ulangan harian siswa pada materi lingkaran masih di bawah nilai yang distandarkan sekolah yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak khususnya guru sebagai pelaksana pembelajaran. Salah satu usaha tersebut adalah memperbaiki kualitas pembelajaran. Diantara berbagai solusi yang ditawarkan yang menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing.
Penelitian yang akan dilaksanakan ini bertujuan sebagai usaha membantu guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan menangani permasalahan yang dihadapi siswa pada pokok bahasan lingkaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk menghasilkan deskripsi pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada pokok bahasan lingkaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kristen Aletheia Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilaksanakan di SMP Kristen Aletheia Malang dengan subjek penelitian adalah kelas VIIIA. Dari 19 siswa dibentuk kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 3-4 siswa dan subjek wawancara sebanyak 4 siswa dengan kriteria 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pembentukan kelompok dan pemilihan subjek wawancara berdasarkan nilai ulangan semester I dan pertimbangan dari guru mata pelajaran yakni, siswa yang mudah diajak berkomunikasi dan bekerja sama.
Pembelajaran penemuan terbimbing terbagi dalam 3 tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan materi serta tujuan pembelajaran, menjelaskan langkah-langkah pembelajaran meliputi: (a) membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, (b) membagikan media pembelajaran berupa lembar kerja kelompok dan alat peraga, dan (c) menjelaskan cara kerja menemukan nilai phi (π) serta menentukan rumus keliling dan menemukan rumus luas lingkaran, (2) tahap inti meliputi penemuan nilai phi (π) serta menentukan rumus keliling dan menemukan rumus luas lingkaran bersama kelompok dengan bimbingan guru dan memberikan tes, (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan. Hasil wawancara siswa juga menunjukkan respon yang positif terhadap metode pembelajaran penemuan terbimbing.
Melalui penerapan pembelajaran metode penemuan terbimbing yang diterapkan pada penelitian ini berakibat hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Siklus I banyaknya siswa yang mencapai nilai ≥ 65 sebanyak 16 siswa dari 19 siswa yang mengikuti tes akhir atau sebanyak 84.21% siswa mencapai ketuntasan. Demikian juga pada tes akhir siklus II banyaknya siswa yang mencapai nilai ≥ 65 sebanyak 18 siswa dari 19 siswa yang mengikuti tes akhir atau sebanyak 94.74% siswa mencapai ketuntasan.
Berdasarkan penelitian ini, maka bagi guru matematika kelas VIII menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta hendaknya mempersiapkan media pembelajaran yang diperlukan sebaik-baiknya.
| 00131/SB | KKI 510 PUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain