Electronic Resource
Meningkatkan Hasil Belajar Teori Peluang Menggunakan Metode Numbered Heads Together di Kalas XI Multimedia 2 SMK Negeri 11 Malang
Teori Peluang merupakan materi yang hampir semuanya menyangkut permasalahan kehidupan sehari-hari dan menggunakan banyak contoh dalam kehidupan nyata. Namun dalam proses pembelajaran di kelas peserta didik mengalami kesulitan sehingga hasil belajar menjadi rendah. Setelah diteliti peserta didik tidak terlalu banyak memperhatikan penjelasan guru. Dengan demikian rendahnya hasil belajar dapat diatasi dengan melibatkannya peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang variatif. Salah satu model yang dapat digunakan adalah Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar teori peluang.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua tindakan. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 11 Malang semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013 terdiri atas 35 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, catatan lapangan, dan soal tes. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir setiap tindakan.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap awal merupakan tahap pendahuluan, tahap inti adalah pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT), dan tahap akhir peneliti menyimpulkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan kegiatan pembelajaran dinyatakan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkat. Terlihat pada persentase ketuntasan klasikal hasil belajar dari pratindakan, tindakan I, dan tindakan II berturut-turut yang meningkat yaitu 31,4%, 88,2 %, dan 97,05%.
Peserta didik yang sebelumnya tidak terlalu banyak memperhatikan penjelasan guru, berbicara sendiri, melamun, mengantuk, bahkan tidur, dengan penerapan pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) membuat peserta didik lebih aktif dengan menyibukkan mereka dengan tugas yang harus diselesaikan sesuai tanggung jawab masing-masing berdasarkan nomor kepala yang mereka dapat, kemudian didiskusikan bersama kelompoknya untuk dipresentasikan. Peserta didik lebih bersemangat dalam pembelajaran ditambah dengan adanya hadiah atau penghargaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi teori peluang dengan menerapkan pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang variatif.
| 0078/SB | KKI 510 ADE m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain