Electronic Resource
Hubungan Kedisiplinan Belajar Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi IPS Kelas VIII SMP Negeri 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun Pelajaran 2011/2012
Keberhasilan siswa dalam belajar dapat ditunjukan dengan adanya hasil prestasi belajar yang diperoleh dari banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya kedisiplinan belajar siswa dan tingkat pendidikan orang tua. Kedisiplinan belajar sangatlah penting bagi kehidupan pelajar secara umum karena hanya dengan kedisiplinan itu prestasi dan kepandaian akan diraih. Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan belajar erat kaitanya dengan prestasi belajar siswa. Belajar adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengembanglkan kemampuan, kecakapan, ketrampilan dan pengetahuan. Di mana penentu utama keberhasilan anak dalam belajar adalah keluarga. Dimana yang berperan aktif adalah orang tua. Orang tua (keluarga) di kenal sebagai lingkungan pendidikan pertama dan utama. Orang tua memegang peran kunci dalam pembentukan struktur dasar kepribadian anak dan sangat berpengaruh pada kecerdasan emosional dan intelektual. Dalam penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Malang, populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa berjumlah 200 yang terdiri dari siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII G. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara propotional random sampling. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik angket dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian sebagai berikut: (1). Analisa dengan menggunakan product moment menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS kelas VIII SMP Negeri 7 kecamatan Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012, yaitu harga r tabel untuk taraf signifikan 5% dengan n 60 = 0,254. Harga r hitung diperoleh 0,384 maka dapat disimpulkan bahwa r hitung lebih besar daripada tabel (0,384 > 0,254). (2). Analisa dengan menggunakan product moment menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS kelas VIII SMP Negeri 7 kecamatan Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012, yaitu harga r untuk taraf signifikan 5% dengan n 60 = 0,254. Harga r hitung diperoleh 0,604 maka dapat disimpulkan bahwa r hitung Lebih besar dari pada r tabel (0,604 > 0,254). (3). Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar, KP = r2x 100% = 0,6042 x 100% = 36,5% berdasarkan hasil penghitungan kontribusi antara variabel X1 dan X2 dengan variabel Y diatas maka dapat diartikan bahwa kedisiplinan belajar dan tingkat pendidikan orang tua memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,8% dan sisanya 85,2 ditentukan variabel lain misalnya penggunaan sarana dan prasarana, kondisi kelas, pola mengajar guru, dan sebagainya.
21345600/PB/2023 | KKI 910 SUD h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain