Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Kedisiplinan Belajar Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi IPS Kelas VIII SMP Negeri 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun Pelajaran 2011/2012

Electronic Resource

Hubungan Kedisiplinan Belajar Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi IPS Kelas VIII SMP Negeri 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun Pelajaran 2011/2012

Yohanes Sudarsono - Nama Orang; Dr. H. Bambang Warsito, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Endang Surjati, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Keberhasilan siswa dalam belajar dapat ditunjukan dengan adanya hasil prestasi belajar yang diperoleh dari banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya kedisiplinan belajar siswa dan tingkat pendidikan orang tua. Kedisiplinan belajar sangatlah penting bagi kehidupan pelajar secara umum karena hanya dengan kedisiplinan itu prestasi dan kepandaian akan diraih. Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kedisiplinan belajar erat kaitanya dengan prestasi belajar siswa. Belajar adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengembanglkan kemampuan, kecakapan, ketrampilan dan pengetahuan. Di mana penentu utama keberhasilan anak dalam belajar adalah keluarga. Dimana yang berperan aktif adalah orang tua. Orang tua (keluarga) di kenal sebagai lingkungan pendidikan pertama dan utama. Orang tua memegang peran kunci dalam pembentukan struktur dasar kepribadian anak dan sangat berpengaruh pada kecerdasan emosional dan intelektual. Dalam penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Malang, populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa berjumlah 200 yang terdiri dari siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII G. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara propotional random sampling. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik angket dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian sebagai berikut: (1). Analisa dengan menggunakan product moment menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS kelas VIII SMP Negeri 7 kecamatan Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012, yaitu harga r tabel untuk taraf signifikan 5% dengan n 60 = 0,254. Harga r hitung diperoleh 0,384 maka dapat disimpulkan bahwa r hitung lebih besar daripada tabel (0,384 > 0,254). (2). Analisa dengan menggunakan product moment menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS kelas VIII SMP Negeri 7 kecamatan Kedungkandang Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012, yaitu harga r untuk taraf signifikan 5% dengan n 60 = 0,254. Harga r hitung diperoleh 0,604 maka dapat disimpulkan bahwa r hitung Lebih besar dari pada r tabel (0,604 > 0,254). (3). Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar, KP = r2x 100% = 0,6042 x 100% = 36,5% berdasarkan hasil penghitungan kontribusi antara variabel X1 dan X2 dengan variabel Y diatas maka dapat diartikan bahwa kedisiplinan belajar dan tingkat pendidikan orang tua memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,8% dan sisanya 85,2 ditentukan variabel lain misalnya penggunaan sarana dan prasarana, kondisi kelas, pola mengajar guru, dan sebagainya.


Ketersediaan
21345600/PB/2023KKI 910 SUD h/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SUD h/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xiv, 69 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Kedisiplinan Belajar
Skripsi
tingkat pendidikan orang tua
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik