Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Geografi Di SMP NU Bululuwang Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Geografi Di SMP NU Bululuwang Malang

Puput Permatasari - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SMP NU Bululawang Malang Kelas VII-D dalam pembelajaran geografi siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang aktif, siswa banyak yang kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran berlangsung, selain itu hasil belajar siswa banyak yang dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut,salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) yang menekankan pada adanya aktivitas antara siswa untuk saling berinteraksi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP NU Bululawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP NU Bululawang Malang yang terdiri dari 24 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, catatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan yang dicapai oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung melalui observasi siklus I sebesar 78,7% menjadi 92% pada siklus II dan pada guru juga mengalami peningkatan sebesar 85% pada siklus I dan 95% pada siklus II. Sedangkan pada tes awal hasil belajar siswa yang tuntas 54,2% (13 Siswa) dengan rata-rata kelas 77, pada siklus I mengalami peningkatan siswa tuntas mencapai 66,7% (16 siswa) dengan rata-rata kelas 78,5 dan diakhir siklus II siswa tuntas mencapai 87,5% (21 siswa) dengan rata-rata kelas 85,6. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Geografi SMP NU Bululawang.


Ketersediaan
21345611/SB/2023KKI 910 PER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 PER p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xvi, 131 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
STAD
Keaktifan
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik