Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Geografi Di SMP NU Bululuwang Malang
Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SMP NU Bululawang Malang Kelas VII-D dalam pembelajaran geografi siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang aktif, siswa banyak yang kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran berlangsung, selain itu hasil belajar siswa banyak yang dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut,salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) yang menekankan pada adanya aktivitas antara siswa untuk saling berinteraksi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP NU Bululawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP NU Bululawang Malang yang terdiri dari 24 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, catatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan yang dicapai oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung melalui observasi siklus I sebesar 78,7% menjadi 92% pada siklus II dan pada guru juga mengalami peningkatan sebesar 85% pada siklus I dan 95% pada siklus II. Sedangkan pada tes awal hasil belajar siswa yang tuntas 54,2% (13 Siswa) dengan rata-rata kelas 77, pada siklus I mengalami peningkatan siswa tuntas mencapai 66,7% (16 siswa) dengan rata-rata kelas 78,5 dan diakhir siklus II siswa tuntas mencapai 87,5% (21 siswa) dengan rata-rata kelas 85,6. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Geografi SMP NU Bululawang.
| 21345611/SB/2023 | KKI 910 PER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain