Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri Jambewangi Blitar

Electronic Resource

Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri Jambewangi Blitar

Lilik Nadliroh - Nama Orang; Drs. Sudiyono, M.Pd. - Nama Orang; Leny Latifah, S.Pd., Kons. - Nama Orang;

Setiap individu bisa dikatakan berhasil apabila mempunyai kepercayan diri yang tinggi terhadap kemampuan yang di milikinya. Sebaliknya individu yang mempunyai kepercayaaan diri rendah akan terhambat dengan harapan tidak akan berkembang. Adapun gejala yang melatar belakangi tidak percaya diri adalah rasa minder atau rendah diri. Sedang orang yang berperilaku asertif akan mengungkapkan perasaan dan pikirannya secara jujur, membuat respon yang diterima oleh sosial dan selalu memperhatikan perasaan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kepercayaan diri siswa kelas VIII, 2) mengetahui perilaku asertif siswa kelas VIII, dan 3) untuk mengetahui adakah hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif siswa kelas VIII MTs Negeri Jambewangi. Rancangan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 270 siswa, dari populasi yang terbagi menjadi delapan kelas diambil sampel dengan menggunakan tekniksampel acak sederhana (random sampling) sebanyak 80 siswa. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel setiap satu kelas yaitu sebanyak 10 siswa. Data penelitian yang dilancarkan yaitu menggunakan angket dan analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan hal-hal sebagai berikut: diketahui bahwa tingkat kepercayaan diri sangat tinggi sebanyak 15% (12 siswa), kepercayaan diri tinggi sebanyak 40% (32 siswa), kepercayaan diri rendah sebanyak 36,25% ( 29 siswa), kepercayaan diri sangat rendah sebanyak 8,75% (7 siswa). maka analisis hasil data diketahui 55% siswa memiliki kepercayaan diri tinggi dan 45% siswa memiliki kepercayaan diri rendah. Sedang untuk perilaku asertif diketahui tingkat perilaku asertif sangat tinggi sebanyak 8,75% ( 7 siswa), perilaku asertif tinggi sebanyak 28,75% (23 siswa), perilaku asertif rendah sebanyak 42,5% (34 siswa), perilaku asertif sangat rendah sebanyak 20%(16 siswa). maka analisis hasil data diketahui 37,5% siswa memiliki perilaku asertif tinggi dan 62,5% siswa memiliki perilaku asertif rendah. Dengan temuan penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan dan mempunyai arah korelasi yang positif antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif siswa kelas VIII di MTs Negeri jambewangi Blitar. Sedang saran yang dapat disampaikan yaitu: 1) kepala sekolah, hendaknya mampu membuat kebijakan pengembangan pelaksanan program bimbingan dan konseling disekolah,terutama bimbingan pribadi dan sosial. 2) konselor/Guru Bk, hendaknya mampu menggunakan informasi pengalaman, pemahaman, dan menggunakan penelitian ini sebagai pengembangan pribadi siswa agar terbentuk kepercayaan diri dan perilaku asertif yang baik. 3) Guru, hendaknya para guru dalam proses belajar mengajar tidak hanya menyampaikan materi saja, tetapi juga dapat membangun dan memotivasi anak sebagai upaya pengembangan kepercayaan diri dengan mengikutkan berbagai kegiatan untuk menguji keberanian dan ketegasan yang dilandasi kemauan atau kesadaran diri agar mampu berperilaku asertif. 4) bagi peneliti lain diharapakan dapat dijadikan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya.


Ketersediaan
21345497/SB/2023KKI 410 NAD h/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 NAD h/s
Penerbit
Malang : Bimbingan dan Konseling - Unikama., 2011
Deskripsi Fisik
xiii, 62 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kepercayaan Diri
Perilaku Asertif
Skripsi
Siswa kelas VIII
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik