Electronic Resource
Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang
Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru adalah memilih pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi secara aktif sehingga dapat memahami materi yang dipelajari dan menguasai ketarampilan yang diperlukan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang tepat adalah pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenagkan merupakan pembelajaran yang melibatkan keaktifan seluruh siswa sehingga siswa lebih kreatif selama proses belajar mengajar dan sling berkerja sama dengan teman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan 2 siklus yaitu pada bulan April-Mei 2010. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subyek penelitian yaitu siswa kelas X APK SMK Muhammaddiyah 02 Malang sebanyak 34 siswa.
0050/SB | KKI 371.657 ERN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain