Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII C Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 SMP NU Bululawang-Malang
Berdasarkan studi pendahuluan yaitu observasi dan hasil wawancara peneliti dengan guru di SMP NU Bululawang, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Geografi khususnya di kelas VIII C, guru lebih banyak menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan sedikit tanya jawab dan diskusi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran NHTuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerusakan lingkungan dan faktor penyebabnya, 2) Apakah penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalammempelajari konsep kerusakan lingkungan dan faktor penyebabnya. Dari rumusan masalah tersebut tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT)dan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kerusakan lingkungan dan faktor penyebabnya; dan 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam mempelajari konsep kerusakan lingkungan dan faktor penyebabnya. Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Togethermerupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional.Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan metode penelitian kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Maret 2014. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C SMP NU Bululawang yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 66,66, pada siklus I meningkat menjadi 68,75, dan pada siklus II meningkat menjadi 79,16. Dengan ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 25%, siklus I 33,33%, dan siklus II 58,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi tentang materi kerusakan lingkungan dan faktor penyebabnya pada siswa kelas VIII C SMP NU Bululawang.
21345614/SB/2023 | KKI 910 APS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain