Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan LKS Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010
Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil belajar
Kedisiplinan Belajar merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam belajar. Kedisiplinan belajar siswa di rumah harus ditanamkan seoptimal mungkin dan sedini mungkin pada setiap siswa, untuk meraih hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui Pengunaan LKS siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono Kabupaten Banyuwangi. (2). Untuk mengetahui
hasil belajar siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono. (3). Untuk mengetahui hubungan Pengunaan LKS di rumah dengan hasil belajar siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono Kabupaten Banyuwangi.
Yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah Pengunaan LKS siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono di rumah, sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono sebagai variabel terikat (Y), sedangkan populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono, dengan jumlah 41 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
random sampling. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa Korelasi Product Moment dari Pearson.
Dari hasil penelitian ini ditemukan :
1. Pengunaan LKS di rumah siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Srono adalah baik.
2. Hasil belajar siswa Kelas VII-B adalah cukup baik
3. Dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment menghasilkan r hitung sebesar 0,683 dengan N=41.
Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan alasan yang kuat untuk menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pengunaan LKS di rumah dengan hasil belajar siswa, khususnya siswa Kelas VII-B di SMP Negeri 1 Srono Kabupaten Banyuwangi.
21344832/SB-S/2022 | KKI 410 WAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain