Electronic Resource
Pengaruh Fasilitas Belajar Di Sekolah Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS (Geografi) Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang
Bedasarkan hasil penelitian di SMP Islam Ma’arif 02 Malang di peroleh data bahwa,fasilitas belajar di sekolah dan tingkat pendapatan orang tua sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari respon siswa setelah mengisi angket dan juga siswa yang orang tuanya memiliki pendapatan cukup sekitatar 37 orang atau 46,25 %. Sekolah adalah sebagai salah satu wahana meningkatkan pribadi siswa untuk mencapai kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia dan alam sekitarnya sebagai perwujudan manusia yang sehat jasmani dan rohani. Dari hasil penelitian,dapat di rumuskan : (1) Apakah ada pengaruh antara fasilitas belajar di Sekolah dengan prestasi belajar IPS (Geografi) Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang?. (2) Apakah ada pengaruh antara tingkat pendapatan orang tua dengan prestasi belajar IPS (Geografi) Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang?.Tujuan ini betujuan untuk :(1) Untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas belajar di Sekolah dengan Prestasi belajar IPS (Geografi) Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang.(2) Untuk mengengetahui pengaruh antara tingkat pendapatan orang tua dengan prestasi belajar IPS (Geografi) Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan C SMP Islam Ma’arif 02 Malang yang berjumlah 80 siswa. Instrumen penelitian berupa angket dan nilai yang didapatkan tata usaha serta melakukan komunikasi dengan siswa berkaitan dengan pendapatan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajarnya masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pendapatan orang tuanya masuk dalam kategori tinggi dan cukup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 15 orang responden menilai fasilitas belajar yang ada di SMP Islam Ma’Arif 02 malang masuk dalam kategori sangat lengkap,5 % atau 23 orang responden masuk ketegori lengkap,35orang responden masuk dalam kategori cukup lengkap, dan7 dari responden yang menjadi populasi penelitian nilai bahwa fasilitas belajar yang dimiliki di sediakan oleh sekolah SMP Islam Ma’Arif 02 malang masuk dalam kategori kurang lengkap, keadaan ini menggambarkan bahwa SMP Islam Ma’Arif 02 Malang telah memberikan fasilitas yang memadai bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 4 0rang atau 0,75 % siswa yang menjadi populasi penelitian yang memiliki tingkat pendapatan orang tua yang sangat tinggi, 26 orang atau 32,5 % dari populasi yag masuk dalam kategori tinggi, 37 orang atau 46,25 % masuk dalam kategori cukup tinggi, dan 13 orang atau 16,25 % dari populasi masuk dalam kategori rendah. Keadaan ini mengambarkan bahwa tingkat pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Fasilitas belajar dengan prestasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini di ketahui dari hasil analisis korelasi rxy dan berdasarkan data hasil penelitian yang menunjukkan 15,75 % siswa yang menjadi populasi penelitian menilai bahwa fasilitas belajar yang ada di SMP Islam Ma’arif 02 Malang sangat lengkap, 31.5 % menilai cukup lengkap dan 37.25 % menilai kurang lengkap. Sementara prestasi belajar siswa yang menjadi populasi penelitian menunjukkan 68.75 % dari responden miliki prestasi belajar yang masuk dalam kategori baik, hal ini menunjukan bahwa semakin lengkap fasilitas belajar yang tersedia maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang di peroleh siswa.hal ini di karenakan dengan tersedianya fasilitas belajar yang lengkap, maka akan lebih mempermudah dan memperlancar siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar.
21345615/SB/2023 | KKI 910 SEH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain