Electronic Resource
Berpikir Reflektif Bagi Calon Guru Matematika Dalam Pengembangan Pengetahuan Kognitif Siswa Kelas XI TKR4 SMK PGRI Singosari-Malang
Calon guru yang merupakan calon pendidik dan pengajar, harus memiliki kemampuan untuk berpikir reflektif dalam pembelajaran. Berpikir reflektif yang dilakukan memiliki dampak yang baik dalam pengembangan pengetahuan kognitif siswa.
Siswa kelas XI TKR4 SMK PGRI Singosari dalam pengembangan pengetahuan kognitifnya masih pada tingkatan pemahaman (C2), oleh karena itu peneliti yang sekaligus mahasiswa PPL (calon guru) menerapkan berpikir reflektif dalam pengembangan pengetahuan kognitif siswa sampai pada tingkatan sintesis (C5). Dalam pengembangan pengetahuan kognitif siswa, guru juga menggunakan multimedia, pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran berbasis problem solving serta model pembelajaran (kartu arisan dan talking stick).
Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian kualitatif jenis Peneltian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR 4 SMK PGRI Singosari-Malang semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang. Materi dalam pembelajaran terfokus pada materi Geometri Dimensi Dua. Instrumen dan prosedur yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan,soal tes dan dokumentasi.
Dari hasil berpikir reflektif, pengembangan pengetahuan siswa kelas XI TKR4 SMK PGRI Singosari meningkat pada tingkatan sintesis (C5). Selain itu hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklusmenunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari 82,9% siswa pada siklus I menjadi 85,2% pada siklus II; (2) siswa memberikan respon yang positif dalam pembelajaran matematika dengan aktif bertanya.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa berpikir reflektif untuk calon guru sangat diperlukan dalam pengembangan pengetahuan kognitif siswa. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan multimedia, pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran serta berbagai model pembelajaran yang interaktif dalam setiap pembelajaran serta diimbangi dengan berpikir reflektif.
0097/SB | KKI 510 IND b/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain