Electronic Resource
Pembelajaran Menulis Narasi Model STAD Siswa Kelas IV SDN Turen 03 Malang
Kata Kunci: Pembelajaran Menulis Narasi, Model STAD
Pembelajaran merupakan penyajian informasi dan aktivitas–aktivitas yang dirancang untuk membantu memudahkan siswa atau peserta didik dalam rangka mencapai tujuan khusus belajar yang diharapkan. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif, dalam kegiatan menulis harus memanfaatkan struktur bahasa dan kosakata. Menulis suatu keterampilan berbahasa yang ipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Narasi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menceritakan dengan sejelas–jelasnya kepada pembaca suatu peristiwa yang telah terjadi. Model STAD sendiri merupakan model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, yakni yang menekankan kerja sama antar siswa yang berbeda latar belakang sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal.adapun masalah penelitian ini adalah Bagaimana persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis narasi model STAD siswa kelas IV SDN Turen 03 Malang.
Berkaitan dengan pembelajaran menulis narasi model STAD penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif yang objektif tentang pembelajaran menulis narasi model STADpada kelas IV SDN Turen 03 Malang. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( Research And Development ) dengan pendekatan deskriptif kualitatif karena datanya bersifat kualitatif yaitu berupa kata-kata atau kalimat.
Adapun Subjek penelitian adalah guru kelas kelas IV SDN Turen 03 Malang dengan jumlah siswa 25 orang. Sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan hal-hal berikut. Di SDN Turen 03 Malang kelas IV guru bidang studi tidak pernah menggunakan persiapan pembelajaran kooperatif model STAD, hal ini dikarenakan guru bidang studi sebagai subjek penelitian tidak pernah mendapatkan atau memperoleh pelatihan-pelatihan tentang pembelajaran kooperatif khususnya model STAD. sedangkan dalam aspek pelaksanaan guru dapat mempergunakan model pembelajaran model STAD dengan maksimal ditunjang lagi adanya penilaian yang cukup meningkat dalam aspek mata pelajaran ini. Di sisi lain dalam evaluasi pembelajaran guru sangat terbantu dengan lembar evaluasi yang ditawarkan oleh penelitian. Dengan temuan penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa model STAD sangat cocok dan menunjang pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Turen 03 Malang
21344908/SB-S/2022 | KKI 410 SIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain