Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Di MTS. Al-Hamidyah Putut Lor Gondanglegi-Malang

Electronic Resource

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Di MTS. Al-Hamidyah Putut Lor Gondanglegi-Malang

Agto Varisman - Nama Orang; Drs. Slamet Riyadi, MM. - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd. - Nama Orang;

Menurut hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika MTs Al-Hamidiyah Gondanglegi Malang, bahwa pembelajaran yang selama ini digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran yang akhirnya hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Keadaan seperti itu peneliti tertarik untuk mene-rapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW II untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II ini dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran, karena suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, motivasi belajar siswa meningkat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya hasil belajar aritmatika sosial dan perbandingan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan teknik deskriptif kualitatif sehingga kehadiran peneliti sangat diperlukan. Subjek pene-litian ini adalah siswa kelas VII-A MTs. Al-Hamidiyah Putat Lor Gondanglegi Malang semester ganjil 2012/2013 yang berjumlah 42 siswa. Instrument pene-litian ini adalah lembar kerja kelompok, lembar kerja individu, observasi siswa, penilian afektif, dan catatan lapangan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu peren-canaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hal ini dapat dilihat dari skor awal siswa yang memperoleh nilai rata-rata 60 pada pembelajaran sebelum tindakan, meningkat pada pembelajaran siklus I menjadi 63,5 atau 52,38% siswa yang mencapai SKM; pada pembelajaran siklus II meningkat menjadi 69,4 atau 76,19% siswa yang mencapai SKM dan; pada pembelajaran siklus III meningkat menjadi 75,11 atau 85,71% siswa yang mencapai SKM. Walaupun pada siklus III terlihat masih terdapat siswa yang masih belum mencapai SKM. Ini adalah hal yang wajar karena keterbatasan waktu yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) bagi MTs. Al-Hamidiyah Putat Lor Gondanglegi Malang perlu melakukan sosialisasi mengenai alternatif penggunaan model pembelejaran yaitu pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II yang terbukti dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, dan memperlengkap sarana dan prasarana yang mendukung untuk memperlancar proses pembelajaran, (2) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan apabila masih di-temukan siswa yang masih belum tuntas belajarnya maka perlu dilakukan siklus berikutnya guna mencapai ketuntasan belajar 100%.


Ketersediaan
0073/SBKKI 510 VAR m/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 VAR m/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
viii, 98 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Kooperatif
Hasil Belajar Siswa
Jigsaw II
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik