Electronic Resource
Peningkatan Kemamapuan Bercerita Siswa TK "Taman Indria 1" Kota Malang Melalui Media Lagu
Kata Kunci: peningkatan, kemampuan, berbicara, lagu, media
Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketrampilan berbicara siswa yang mempunyai kendala dalam bercerita. Berpijak pada pemikiran tersebut, peneliti menyelenggarakan penelitian pada TK “Taman Indria 1” Kota Malang dengan judul Peningkatan Kemampuan Bercerita Siswa TK “Taman Indria 1” Kota Malang Melalui Media Lagu.
Dalam penelitian ini masalah yang dibahas: (1) bagaimana mengaitkan pengetahuan dengan isi lagu secara lisan dan (2) bagaimana media lagu dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan frekwensi kosa kata siswa.
Untuk menyelesaikan permasalahan, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan satu siklus dengan langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) analisis serta refleksi.
Untuk memperoleh data, peneliti melakukan observasi, membuat catatan lapangan, dan menyebarkan kuesioner tentang kegiatan tersebut.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan telah berhasil meningkatkan kemampuan bercerita anak TK “Taman Indria 1” Kota Malang, dalam skala 1-7, dengan rincian peningkatan sebagai berikut: (1) rerata kelancaran bercerita 1,50; (2) lafal bercerita 1,78; (3) kesesuaian isi bercerita 1,44; (4) keruntutan bercerita 1,61; (5) komunikasi non-verbal 1,44; (6) penampilan bercerita 1,33.
Secara keseluruhan terjadi peningkatan 1,61pada siklus kedua menunjukkan terjadinya pencapaian dari yang ditargetkan.
21344834/SB-S/2022 | KKI 410 MUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain