Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Koopratif Dengan Metode STAD (Student Team Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Islam Donomulyo Kabupate Malang

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Koopratif Dengan Metode STAD (Student Team Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Islam Donomulyo Kabupate Malang

Eko Ariyanto - Nama Orang; Drs. Azis Mustofa, M.Pd. - Nama Orang; Dra. Andriani Rosita, M.Pd - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD untuk meningkatkan prestasi belajar, dan (2) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran IPS setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan metode STAD terhadap Siswa Kelas VII di SMP Islam Donomulyo Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran mata pelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD sudah cukup baik. Lima komponen dari metode STAD yaitu pembentukan kelompok siswa menjadi 8 kelompok, siswa mengerjakan LKS yang telah diberikan oleh guru setelah guru menjelaskan kompetensi dasar, siswa mempresentasikan hasil belajar tersebut didalam kelas, dan siswa mengerjakan tes akhir sudah di-terapkan dengan baik, sehingga menimbulkan motivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran; (2) prestasi atau hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan metode STAD mengalami peningkatan di mana diketahui bahwa pada pre test (tes awal) siklus I diperoleh nilai rata-rata 55,13 sedangkan pada post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,38, dari hasil pre test dan post test siklus I diketahui bahwa kelas belum memenuhi syarat ketuntasan belajar karena hanya 67,50% siswa yang dianggap tuntas belajar. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata post test siklus II 73,13 diketahui bahwa siswa mengalami peningkatan prestasi atau hasil belajar di mana selisis antara post test siklus I dan siklus II sebesar 10,75, serta diketahui bahwa dalam tindakan siklus II ini kelas telah memenuhi taraf ketuntasan belajar karena diketahui bahwa 97,50% siswa sudah tuntas dalam belajar;


Ketersediaan
0056/SBKKI 330 ARI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 330 ARI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Ekonomi Unikama., 2010
Deskripsi Fisik
ix, 84 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
330
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1
Subjek
Prestasi Belajar
STAD
Skripsi
Kooperatif
Mata Pelajaran IPS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik