Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Koopratif Dengan Metode STAD (Student Team Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Islam Donomulyo Kabupate Malang
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD untuk meningkatkan prestasi belajar, dan (2) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran IPS setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan metode STAD terhadap Siswa Kelas VII di SMP Islam Donomulyo Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran mata pelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD sudah cukup baik. Lima komponen dari metode STAD yaitu pembentukan kelompok siswa menjadi 8 kelompok, siswa mengerjakan LKS yang telah diberikan oleh guru setelah guru menjelaskan kompetensi dasar, siswa mempresentasikan hasil belajar tersebut didalam kelas, dan siswa mengerjakan tes akhir sudah di-terapkan dengan baik, sehingga menimbulkan motivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran; (2) prestasi atau hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan metode STAD mengalami peningkatan di mana diketahui bahwa pada pre test (tes awal) siklus I diperoleh nilai rata-rata 55,13 sedangkan pada post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,38, dari hasil pre test dan post test siklus I diketahui bahwa kelas belum memenuhi syarat ketuntasan belajar karena hanya 67,50% siswa yang dianggap tuntas belajar. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata post test siklus II 73,13 diketahui bahwa siswa mengalami peningkatan prestasi atau hasil belajar di mana selisis antara post test siklus I dan siklus II sebesar 10,75, serta diketahui bahwa dalam tindakan siklus II ini kelas telah memenuhi taraf ketuntasan belajar karena diketahui bahwa 97,50% siswa sudah tuntas dalam belajar;
| 0056/SB | KKI 330 ARI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain