Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Dhita Natalia Nainggolan - Nama Orang; Drs. I Ketut Suastika, M.Si. - Nama Orang; Mufidah, S.Pd, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran matematika dengan model yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta membantu siswa dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan di sekolah diharapkan mampu membantu siswa menghubungkan dengan kejadian-kejadian yang akan mereka temukan bahkan yang sudah pernah mereka alami. Hal inilah yang membuat peneliti memilih model pembelajaran Think-Pair-Share dalam penelitian.
Pada penelitian ini, peneliti menerapkan model Think-Pair-Share dalam pembelajaran himpunan karena model ini memiliki beberapa keunggulan. Menurut Husnul (2009) keunggulan model pembelajaran Think-Pair-Share antara lain peserta didik dilatih untuk bekerjasama, terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan model pembelajaran ini juga suatu cara yang efektif berlatih berdiskusi dengan teman sejawat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil belajar siswa dalam pembelajaran himpunan dengan model Think-Pair-Share siswa kelas VII SMP Negeri 12 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang diterapkan pada 40 siswa kelas VII H SMP Negeri 12 Malang sebagai subyek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini antara lain lembar observasi kegiatan peneliti dan siswa, catatan lapangan, wawancara, angket respon siswa dan tes akhir siklus. Analisis ini menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase.
Rata-rata skor awal siswa adalah 66,2 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 45% artinya ada 18 dari 40 siswa yang mencapai KKM yaitu 75,00. Skor rata-rata tes akhir pada siklus I adalah 76,13 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 85% artinya ada 34 dari 40 siswa yang mencapai KKM. Sedangkan skor rata-rata tes akhir pada siklus II adalah 81,88 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 95% artinya ada 38 dari 40 siswa yang mencapai KKM. Ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari nilai awal, siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran himpunan dengan model Think-Pair-Share dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Malang telah berhasil dilaksanakan. Saran dari peneliti yaitu bagi guru / peneliti lain yang ingin menerapkan pembelajaran dengan model Think-Pair-Share pada saat diskusi pasangan maupun kelompok, siswa mulai ramai.


Ketersediaan
0081/SBKKI 510 NAI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 NAI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvii, 151hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Model pembelajaran Think-Pair-Share
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik