Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
Pembelajaran matematika dengan model yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta membantu siswa dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan di sekolah diharapkan mampu membantu siswa menghubungkan dengan kejadian-kejadian yang akan mereka temukan bahkan yang sudah pernah mereka alami. Hal inilah yang membuat peneliti memilih model pembelajaran Think-Pair-Share dalam penelitian.
Pada penelitian ini, peneliti menerapkan model Think-Pair-Share dalam pembelajaran himpunan karena model ini memiliki beberapa keunggulan. Menurut Husnul (2009) keunggulan model pembelajaran Think-Pair-Share antara lain peserta didik dilatih untuk bekerjasama, terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan model pembelajaran ini juga suatu cara yang efektif berlatih berdiskusi dengan teman sejawat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil belajar siswa dalam pembelajaran himpunan dengan model Think-Pair-Share siswa kelas VII SMP Negeri 12 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang diterapkan pada 40 siswa kelas VII H SMP Negeri 12 Malang sebagai subyek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini antara lain lembar observasi kegiatan peneliti dan siswa, catatan lapangan, wawancara, angket respon siswa dan tes akhir siklus. Analisis ini menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase.
Rata-rata skor awal siswa adalah 66,2 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 45% artinya ada 18 dari 40 siswa yang mencapai KKM yaitu 75,00. Skor rata-rata tes akhir pada siklus I adalah 76,13 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 85% artinya ada 34 dari 40 siswa yang mencapai KKM. Sedangkan skor rata-rata tes akhir pada siklus II adalah 81,88 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 95% artinya ada 38 dari 40 siswa yang mencapai KKM. Ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari nilai awal, siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran himpunan dengan model Think-Pair-Share dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Malang telah berhasil dilaksanakan. Saran dari peneliti yaitu bagi guru / peneliti lain yang ingin menerapkan pembelajaran dengan model Think-Pair-Share pada saat diskusi pasangan maupun kelompok, siswa mulai ramai.
0081/SB | KKI 510 NAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain