Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII MTs. SA Roudhotus Syifa’ Kalipare banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal mat…
Fakta yang terjadi di SMPN 1 Bululawang adalah bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukan gur terkesan monoton, kurang menarik,…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Budimulia Pakisaji kelas VII dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti…
Pengamatan dan wawancara dengan guru matematika di SMPK Pancasila Mojorejo, diketahui bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih berisi soal-soal yang bersifat monoton dan belum s…
Salah satu perubahan perilaku siswa pada saat pembelajaran adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, guru dituntut mampu menciptak…
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan yaitu berupa kurangnya penggunaan e-modul cerita pembelajaran untuk muatan mata pelajaran Matematika pada materi bangun ruang sehingga…
Kurangnya pemanfaatan teknologi infomarsi dan komunikasi pada media pembelajaran yang digunakan setiap kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan salah satu media pem…
Pengembangan kesadaran metakognitif, siswa diharapkan supaya terbiasa untuk selalu memonitor, mengontrol, dan mengevaluasi apa yang dikerjakannya. Dengan itu, pengembangan kemampuan berpikir kritis…
Adanya soal pemecahan masalah pada buku matematika K13 yakni sebesar 33,64% tidak selaras dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia yang terbilang rendah menurut survei PISA. Ta…
Guru dalam pembelajarannya belum sepenuhnya menggunakan permasalahan sehari-hari untuk menemukan konsep matematika. Buku pegangan peserta didik dan LKPD yang diberikan cenderung pada materi, contoh…