Berdasarkan observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran IPA di kelas VIII H SMP Negeri 17 Malang, dapat diketahui bahwa metode yang diterapkan dikelas tersebut adalah metode ceramah, pemberian t…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Singosari melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan penelitia…
Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VII H SMP N 7 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang pasif, jaran…
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dengan menggunakan pembelajaran Scientific inkuiri, Problem Based Learning, Self Regulated Learning …
Pengembangan modul IPA Fisika berbasis PBL pada pokok bahasan Gerak Lurus dapat membantu siswa sebagai sumber belajar IPA Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul IPA Fisik…
Munculnya Permendiknas No. 68 yang menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu, tetapi SMPN 3 Kepanjen belum menerapkan hal tersebut. Pengembangan Modul IPA Te…
Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya keterampilan proses sains (KPS) siswa yang berakibat pada prestasi belajar siswa rendah. Hal itu juga dialami oleh siswa …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan model Problem Basel Learning (PBL), 2) perbedaan kerja ilmiah siswa yang belajar dengan mo…
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan model pembelajaran konvesional; (2) m…