Proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA akan lebih efektif apabila siswa memperoleh pengalaman nyata. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang men…
Hasil belajar adalah penilaian yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor dan untuk melihat sej…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan SDGs salah satunya adalah pembelajaran yang berkualitas dan tujuan lain yaitu penanganan perubahan lingkungan. Dalam mewujudkan hal tersebut dibutuhkan …
Berdasarkan hasil observasi awal pelaksanaan pembelajaran di Kelas V SDN Ringinrejo 02 Kecamatan Wates Kabupaten Blitar diperoleh hasil bahwa siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran karena …
Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas V SDN Tlogowaru I Kota Malang. Mereka merasa kesulitan dalam memahami materi matematika khususnya mate…
Kegiatan pembelajaran IPA dengan metode ceramah dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran membuat siswa bosan, ramai, asyik sendiri, pasif , sebagai penonton saja…
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang memiliki banyak cangkupan, terutama pada materi keragaman budaya yang memiliki pembahasan luas dalam mempelajarinya. Hal itu membuat pembelajaran kurang…
Kurangya penggunaan media interkatif untuk muatan pembelajaran IPS materi keberagaman budaya bangsa Indonesia sehingga belum maksimal dalam menciptakan sua- sana proses pembelajaran yang menarik da…
Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran secara efektif dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi pada saat ini, sehingga perlu adanya suatu tek…
Upaya meningkatkan kualitas lingkungan melalui pengeloaan sampah rumah tangga di RT09/RW04 Kelurahan Bandungrejosari Malang. Upaya Meningkatkan kualitas lingkungan melalui pengelolaan sampah rumah …