Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelit…
Diketahui permasalahan yang dibahas pada penelitian ini, yang mana peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Peneliti ingin mengetahui sejauh mana kemampuan pemecahan masal…
Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan, mampu menyusun model matematika dapat memilih stategi pemecahan dan mampu memeriksa …
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran K-Dokar dan menguji kevalidan, kelayakan dan keefektifan Media Pembelajaran K-Dokar dalam menanamkan konsep dasar materi pa…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang memiliki kevalidan, kelayakan, dan efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar pesert…
Media pembelajaran berbasis Web sangatlah penting untuk pembelajaran matematika, guru dapat menyiapkan media yang sesuai dengan kondisi di sekolah sehingga peserta didik dapat mendapatkan hasil yan…
Siswa masih kesulitan membedakan determinan dan invers matriks. Tidak hanya itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam perhitungan operasi matriks. Guru hanya menggunakan aplikasi google lassroom da…
Era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 teknologi khususnya smartphone saat ini banyak dimanfaatkan praktisi pendidikan sebagai media pembelajaran matematika. Hal ini bertujuan untuk menarik mina…
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada materi barisan dan deret aritmatika guru menyampaikan pembelajaran via zoom sehingga siswa masih kebingungan saat pembelajaran, dan kesulitan mengerj…
Pembelajaran dengan metode ceramah yang kurang variatif mengakibatkan siswa sulit mengembangkan potensinya, merasa bosan, dan tidak semangat. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. O…