Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam meyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan teorema Phytagoras di SMP Negeri 17 Malang. …
Pembelajaran matematika di kelas XI APK berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri dengan penugasan individu. Selain itu, siswa lebih banyak menghafal r…
Pembelajaran dengan metode ceramah yang kurang variatif mengakibatkan siswa sulit mengembangkan potensinya, merasa bosan, dan tidak semangat. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. O…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 07 Malang pada materi Persamaan Linear Satu Var…
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP PGRI 01 Singosari, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih cenderung rendah. Hal tersebut disebabkan guru lebih…
Berdasarkan nilai ulangan kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Singosari menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas tersebut termasuk dalam kategori kurang. Dari 25 siswa hanya 11 siswa yang mampu mencapai…
Prestasi belajar matematika siswa masih rendah. salah satu penyebab menurunnya prestasi belajar siswa yaitu metode konvensional secara terus menerus saat menyampaikan materi pelajaran sehingga sisw…
Berdasarkan hasil observasi dan informasi dari guru bidang studi matematika diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji masih rendah. Hal ini dapat dilihat dar…
Pelaksanaan pembelajaran dengan metode konvensional di SMP Masyithoh Ngoro mengakibatkan siswa pasif saat berdiskusi, tidak terbiasa melakukan presentasi di depan kelas, merasa cepat bodan dan ti…