Proses pembelajaran dengan suasana kelas berpusat pada guru dengan model konvensional membuat peserta didik cenderung pasif. Pada SMP Hanura Danga, model pembelajaran konvensional masih menjadi met…
Fakta yang terjadi di SMPN 1 Bululawang adalah bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukan gur terkesan monoton, kurang menarik,…
Berdasarkan observasi siswa dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 2 Singosari terhadap guru mata pelajaran matematika, diperoleh informasi bahwa pembelajaran matematika kurang berfari…
Pembelajaran matematika di kelas VII-A MTs Al-Ihsan Jeru Turen menggunakan metode ceramah yang mengarahkan pada teacher centered. Selain itu, siswa kurang aktif, tingkat berpikir secara individu ku…
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa pasif dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-D Smp Negeri 10 Malan…
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar matematika siswa belum mencapai KKM dikarenakan keaktifan siswa masih kurang dan tidak memperhatikan…
Pada proses pembelajaran matematika sangat diperlukan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membuat siswa sibuk sendiri dalam belajar. Kebanyakan guru mengajar menggunakan metode ceramah yang…
Masalah yang mempengaruhi hasil belajar siswa terdapat pada proses pembelajaran matematika di kelas X SMK PGRI Pakisaji. Hal ini terbukti dari mayoritas siswa cenderung pasif, pembelajaran di rasa …
Pembelajaran matematika di kelas VII SMP Panca Bhakti Pampang selama ini berlangsung dengan mengunakan metode ceramah. Guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengik…