Kegiatan pembelajaran matematika yang kurang bervariasi membuat siswa merasa bosan, tidak menarik, sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi…
Berdasarkan observasi, media yang beredar saat ini ternyata masih belum tepat untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan. Sehingga penelitian ini be…
Kemampuan metakognitif sangat berperan penting dalam penyelesaian masalah. Tidak jarang siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah dikarenakan kurangnya penerapan kemampuan metakognitif.…
Guru dalam pembelajarannya belum sepenuhnya menggunakan permasalahan sehari-hari untuk menemukan konsep matematika. Buku pegangan peserta didik dan LKPD yang diberikan cenderung pada materi, contoh…
Kurangnya bahan ajar modul yang mengaitkan budaya di Indonesia yang tidak dapat menarik perhatian siswa dan kurangnya pemahaman materi balok dan kubus pada saat proses pembelajaran, sehingga sangat…
Kurangnya penggunaan media untuk muatan matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil mengakibatkan pembelajaran tidak menarik perhatian siswa sehingga mempengaru…
Pendidik dalam proses pembelajaran matematika memberikan buku pendamping khusus sebagai sumber belajar dan pegangan dalam proses pembelajaran. Pendidik perlu memberikan pembelajaran metematika yang…
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dapat digunakan pendidik sebagai alat untuk mengalihkan pengetahuan keterampilan dalam pemecahan masalah. Penelitian i…
Kegiatan pembelajaran matematika yang kurang bervariasi membuat siswa merasa bosan, tidak menarik sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi …
Dalam pembelajaran matematika ada beberapa kendala, salah satunya adalah siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena merasa bosan dan kurang tertarik dengan media dan model …