Berdasarkan hasil observasi di kelas X-A di SMK PGRI Pakisaji yaitu menerapkan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas. Tetapi upaya yang dilakukan ini kurang begitu optimal. Menurut hasil …
Permasalahan kurang beraninya peserta didik untuk mengungkapkan kesulitan yang dialaminya kepada guru dalam memahami materi yang diajarkan, sehingga peserta didik bersifat pasif dalam menerima mate…
Hasil wawancara dengan guru matematika di SMA Negeri 1 Singosari, siswa kelas XI IPS C 17 masih kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Banyak siswa yang mengobrol sendiri saat pelajar…
Fakta yang terjadi di SMPN 1 Bululawang adalah bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang dilakukan gur terkesan monoton, kurang menarik,…
Dari hasil observasi awal di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang diketahui bahwa prestasi belajar siswa rendah yaitu dilihat dari rata-rata nilai kelas 62.2. Selain itu metode yang digunakan guru dalam …
Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Model Pembelajaran S…
Pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta konsep adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata yang pembelajarannya berupa gambaran visual tentang materi pelajara…
Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian yang penting untuk dimiliki siswa khususnya dalam penerapan kurikulum 2013 dan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa SMK kelas X karena kurangnya…
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia dalam proses belajar mengajar. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa proses belajar dan hasil belajar siswa…