Electronic Resource
Pengaruh Membatik Pola Titik Pada Tisu Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A Di TK Muslimat NU Bululawang
Pengembangan kreativitas penting untuk diberikan pada anak sejak usia dini. Dengan kreativitas anak berani untuk tampil juga anak berani untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan caranya sendiri. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di TK Muslimat NU 1 Bululawang pada tanggal 5 November 2018 peneliti menemukan kurangnya kreativitas pada anak kelompok A rentang usia 4-5 tahun disebabkan oleh kegiatan yang diberikan guru berupa LKS. Padahal, untuk mengembangkan kreativitas di bidang seni pada anak usia dini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat dikembangkan di lembaga-lembaga sekolah salah satunya adalah kegiatan membatik pola titik pada tisu.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental, one group pre-test post-test Design. Artinya, peneliti hanya meneliti satu kelompok eksperimen saja tanpa ada kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat pre-test, perlakuan (treatment), dan post-test. Fokus penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada kegiatan membatik pola titik pada tisu terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini di TK Muslimat NU 1 Bululawang atau sebaliknya. Subjek penelitian pada kelompok A di TK Muslimat NU 1 Bululawang sejumlah 26 anak dengan rincian
10 anak laki-laki dan 16 anak perempuan.
Berdasarkan penelitian “Pengaruh Membatik Pola Titik Pada Tisu Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A Di TK Muslimat NU 1 Bululawang” mendapatkan hasil yang baik, karena selama penelitian menunjukkan adanya pengaruh bahwa kegiatan membatik pola titik pada tisu dapat
mempengaruhi kreativitas pada anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji t) yang telah peneliti lakukan yaitu hasil uji hipotesisi menunjukkan nilai
signifikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Yang artinya, Ho ditolak dan Ha diterima.
Kegiatan membatik pola titik pada tisu yang telah dilaksanakan di TK Muslimat NU 1 Bululawang pada Kelompok A dapat mengembangkan kreativitas pada anak. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi pendidik, dan peneliti selanjutnya. Untuk pendidik agar lebih mengembangkan kegiatan-kegiatan yang lebih menarik untuk mengasah kreativitas anak.
2132235/SB/2020 | KKI 372 SHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain