Electronic Resource
Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Potensi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Indonesia Kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Pada studi pendahulu yaitu observasi peneliti di SMP Negeri 2 Malang diketahui bahwa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS khususnya di kelas VII J guru lebih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Berdasarkan masalahan tersebut, maka dibuatlah rumusan masalah yaitu : Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Pada Mata Pelajaran IPS? Dari rumusan masalah tersebut tujuan penelitian yaitu : untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together bagi siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Malang Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2015,. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Malang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Dimana Siklus I belum berhasil sehingga berdasarkan refleksi pada siklus I di lanjutkan Siklus II, dan pada siklus ini sedah mencapai titik keberhasilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra-tindakan ke siklus I dan siklus II. Rata – rata hasil belajar siswa pra-tindakan sebesar 67,03, pada siklus I meningkat 70, 65 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,81. Dengan ketuntasan belajar pra – tindakan 25%, siklus I 72,72% dan siklus II 81,81%. Sehingga dapat disimpulkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, pada siswa kelas VII J SMP Negeri 2 Malang. Penggunaan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT), untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam di kelas VII J SMP Negeri 2 Malang terlihat meningkat pada siklus I dan siklus II. Dimana pada hasil observasi siswa pada siklus I, 72,72% dan hasil belajar 70,65% yaitu dengan perhitungan 8 siswa yang tuntas belajar dan 24 siswa yang belum tuntas belajar. Pada siklus II data – data yang diperoleh dari setiap tindakan yaitu observasi siswa 81,81% dan hasil belajar 77,81%, dengan perhitungan 26 siswa yang tuntas belajar sedangkan 6 siswa belum tuntas belajar. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran IPS, bahwa, dalam proses pembelajaran dikelas dan dalam proses diskusi kelompok disarankan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk menciptakan pemblajaran yang baik, efektif, efisien dan mendapatkan hasil yang optimal.
2121210/SB/2015 | KKI 910 SUR p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain